Perlu sekali kita mengenal tentang pengertian  Al- Fashdu atau totok darah ini baik pengertian  menurut bahasa ataupun pengertiannya menurut istilah

Pengertian menurut bahasa  adalah mengeluarkan darah dari kulit  sumber = Kamus Munawir, hal. 1058. Kemudian  Pengertian  Al Fashdu menurut istilah adalah pengobatan yang dilakukan dengan cara mengeluarkan darah dari pembuluh darah vena /venesection  yang didalamnya terdapat sumbatan-sumbatan yang merugikan tubuh, dengan cara pengikatan dan pembukaan kecil pada kulit sehingga dalah dalam pembuluh darah vena dapat terdorong keluar.

Di temukan sebuah hadits dalam kitab Shohih Bukhori, Rosululloh Sholallohu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

“Khoiro maa tadaa waitum bihil hijaamatu wal fashdu

Artiny : sebaik-baik pengobatan yang kalian lakukan adalah hijamah dan fashdu” (HR. Bukhori).

Cara Kerja Al Fashdu              

Bagaimana cara kerja Al Fashdu ini ?, Sebenarnya cara kerjanya  hampir sama dengan  bekam yaitu  keduanya mengelurkan sumbatan-sumbatan dan darah kotor (toksin/racun tubuh). Hanya saja ada sedikit perbedaan, Al Fashdu mengeluarkan sumbatan dan racun tubuh melalui pembuluh darah vena / pembuluh darah besar, sedangkan bekam mengeluarkan sumbatan dan racun tubuh melalui pembuluh darah kapiler atau pembuluh darah kecil.

Manfaat Al Fashdu

Sekarang kita coba intip apa sih manfaat daripada Al Fashdu itu ? ternyata Alfashdu  ini  sangat efektif untuk mengurangi kadar kolesterol, asam urat, gula darah, darah tinggi, dan materi lain yang berbahaya bercampur bersama darah yang ada di dalam pembuluh darah.

Sumber diambil dari Kitab Ibnul Qoyyim, hal. 79-82, berikut ini adalah penjelasan tentang  Manfaat Bekam dan AL fasdhu.
Adapun manfaat bekam diantaranya adalah membersihkan permukaan tubuh secara lebih baik daripada al fashdu.

Al Fashdu /  totok darah lebih baik untuk membersihkan bagian tubuh yang lebih dalam, sementara bekam mengeluarkan darah kotor dari bawah kulit

Dalam hal ini kalau kita amati lebih dalam lagi ternyata  bekam dan Al Fashdu keduanya berbeda aplikasinya pada setiap zaman, tempat, umur dan kondisi badan.
Untuk daerah atau wilayah yang panas,  suhunya yang panas, waktu yang panas, yang mana kondisi orangnya sangat panas, maka bekam lebih baik daripada Al Fashdu.

Kenapa ? ini dikarenakan darah mereka panas, meluap dan mengalir keatas tubuh bagian bawah kulit, sehingga proses bekam dalam mengeluarkan darah kotor tidak bisa dikeluarkan dengan Al Fashdu.
kenyataan lain bias di sebutkan  bahwa bekam lebih berkhasiat pada anak-anak dibandingkan Al Fashdu/ totok darah, demikian juga bagi mereka yang tidak tahan menjalani Al Fashdu.

Ini diantara alasan mengapa kalangan tabib menegaskan bahwa di negri-negri panas, bekam lebih bermanfaat daripada Al Fashdu / totok darah, akan tetapi  disarankan untuk melakukannya di pertengahan bulan atau sesudah pertengahan bulan.

Secara umum, pada tanggal seperempat akhir tiap bulannya, itulah yang terbaik.  Karena pada awal bulan, darah belum bergejolak dan belum meningkat. Dan pada akhir bulan, darah sudah tenang kembali. Dan dipertengahan bulan atau setelahnya beberapa hari, darah berada pada puncaknya.

Al Qonun berkata, dianjurkan bekam bukan pada awal bulan, karena komposisi unsur-unsur darah belum bergejolak pada saat itu, juga bukan pada akhir bulan, karena pergolakan darah sudah berhenti, akan tetapi yang benar adalah dipertengahan bulan, ketika komposisi unsur-unsur darah dan frekuensinya meningkat tajam, sesuai dengan memuncaknya cahaya bulan.

Sumber utama  dari buku “Bekam, Cara Pengobatan Menurut Sunnah Nabi Shallallahu’ alahi wa sallam